Tutorial ini diterjemahkan dari blog NOMERADONA yang telah menjadi inspirasi dan langganan saya dalam belajar 3d Sketchup .
kali ini beliau akan membagikan tutorial mengenai cara membuat kolam renang menggunakan Google Sketchup. diharapkan dengan adanya tutorial ini kita bisa tidak hanya belajar material vray kolam renang tapi juga bagaimana cara kerja UV mapping pada Sketchup dan juga akan membahas tentang effected material (material yang diterapkan) pada Clay Rendering.
model yang dipakai pada tutorial ini adalah hasil design Mies Van Der Rohe.dan di modeling oleh Fernando Perez Alvaro .
ini adalah setup view dari model yang digunakan. akan di render pada mode Clay Render (render abu-abu tanpa material). caranya ialah mencentang override material pada tab Global Switches pada option Vray . override semua material kecuali material air dan kerikil.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuoCIxz6eStnuP5FjYQobuFSbTOrtxDBoOUfMKZhYFEvp53t3HGeYQB-bvt9z0PB9YX_CYCQBf1rWRcy5LN7hFym_DRMqhsHfDOLBfV_8sctaZkJr1jK_lzsMU00Mxn2vIjQHJ6XOuhNka/s640/1-1.jpg)
Langkah Pertama : Diffuse Layer
- berikut ini adalah Displace map yang digunakan. merupakan texture halus yang dibuat menggunakan Pxlant.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDlFcV3xrhai04mTdPHT6gLnjqrhpHvg3CaUW92v8YkyXIxFpGHEmSkyiDCtT8g8Ke0rOUDap9a5oRTu9CXJ72LJBEfEhFHpcR1p4cVGUtlDpcX4wsFVVheJw5hZw2iXxqVbBjyXaV8bHC/s1600/Nomeradona_Pool+Water_displace.jpg)
- berikut ini penerapan map pada material air menggunakan Google Sketchup
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Z4ZlqQy-MLEtvxw76Se-DIKgRoU9LxDNLqAuZcjOZw6u9OJk39Mn3ICYs41pDS-KDClaLukydMQ1F8B6zfLJ-Gb79mF1kCHMadiT45wAGCucU3eNskCDVJxBWnVa7x5v_yEQNvgrdC-M/s1600/Diffuse+material.jpg)
karena skala yang di rasa kurang pas ..kita harus menyesuaikannya yakni dengan cara merubah opacity nya menjadi 0. ini berarti akan menjadi full transparan. Vray Sketchup akan menggunakan UV map pada layer diffuse paling atas. jadi jika kita menanmbah ketinggina displacement, displacement map nya akan otomatis mengikuti UV layer tersebut. ada dua cara menyesuaikan map opacity .
- dengan Material Editor Sketchup
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixQjhODt5oVh3dGX_nB2vPbhsO21y7aaYGBPcVJ9Bmgv9dEcGZEGJ4pwR1XOZicXthzBKYeiijdL5CznxHWbnIPTRLu7nC5Pgl-cdAUwCj4Q61EHmzcNbOfQbJM3q7jnbXjQEmtkkOEm8J/s400/diffuse+opacity_0.jpg)
dengan material editor Vray. warna putih pada slot Tranparency berarti 100 % transparan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhB_UCRg27aVqtWrEh98SN5SGhwcn0_ey56uEwz2BDnhjS_IR50xhcMR-s1cGf7SOhyphenhyphenYUQ6jUadA7altSPlfaksARPe25BPDZXqr-1XF9pNiLL2E0XikrDVaPF5sPsBZZt2ra5WPs-XXWB5/s1600/diffuse+material+opacity1.jpg)
bersambung ke Langkah ke 2...........
0 komentar: