Follow Us

Membuat Kolam Renang Vray Sketchup Bagian 2

masih dari sumber yang sama. pada tutuorial bagian kedua ini akan dilanjutkan dengan langkah ke 2 yakni : Reflection Layer  pada Refl...

masih dari sumber yang sama. pada tutuorial bagian kedua ini akan dilanjutkan dengan langkah ke 2 yakni :
  • Reflection Layer 
pada Reflection Layer saya tambahkan Fresnel Map dengan nilai index dari Refraction (IOR) 1,33


  • Langkah ke-3 : Refraction Layer
Bagiku ini adalah salah satu layer terpenting yang mana setiap orang harus fokus ketika menggunakan material air. pada Refraction Layer , akan dibagikan 3 item utama yakni : Tranparancy , IOR dan Fog Color.



Nilai IOR...pada nilai IOR (lihat gambar diatas) ..kugunakan 1,33..ini adalah nilai IOR dari air.

Fog Color...for color mengkontrol warna dasar dari material air. jika anda menginginkan efek dari air jernih dari kolam resort, maka anda harus menggunakan cahaya turquosie atau cahaya biru terang. beda jika anda menginginkan sedikit air keruh maka gunakan ochre agar warna terlihat kecoklatan.

color multiplier, mengkontrol efek kepekatan warna. nilai yang lebih tinggi bearti warna akan semakin intens (pekat). bagi saya sendiri color multiplier berada di nilai .01 sampai .03. jika anda ingin bayangan terlihat maka tinggal mencentang affect shadow. jika menginginkan warna yang tembus maka tinggal centang saja affect alpha.

seperti yang dikatakan sebelumnya. aku akan memilih fog color berikut (RGB 184,174,124)

ini adalah hasil render dari settingan di atas. perlu dicatat bahwa pada render tersebut telah kutambahkan displacement, dan warna keabuabuan yang transparan.
 
untuk warna yang kehijauan, ku gunakan warna ini .

berikut adalah hasil render dengan menggunakan warna kehijauan.

Warna tranparan.
biasanya, akan sulit melihat dibawah permukaan air, terutama ketika menggunakan nilai displacement dan refleksi yang tinggi. untuk melihat material dibawah air, dalam kasus ini adalah batu, anda harus belajar bagaimana mengatur hal ini. saya telah melihat air yang terlihat seperti metal atau air laut. disebabkan 100 % warna putih pada transparan Rollot.

ini adalah contoh yang terlihat seperti air laut.(nilai displacement adalah 1.0 dan warna transparan adalah putih).


pada Pavilion Barcelona ini, permukaan kerikil begitu dekat dengan permukaan air, jadi untuk hasil baik seharusnya permukaan kerikil harus kelihatan. untuk melihat textur di bagian bawah. pertama yang dibutuhkan adalah merendahkan nilai displacement dan yang kedua adalah dengan menjadikan medium dari warna abu-abu gelap pada tranparancy rollout. dibawah ini, telah ku atur warna transparan dengan nilai RGB 81,81,81.


ini adalah hasil render tanpa displacement.




  • Langkah 4: Displacement
untuk membuat ombak dan riak. semua yang kita butuhkan adalah menambah displacement map. pastikan face geometry air telah dijadikan grup. jika tidak, displacement akan eror. disini kugunakan dismap yang sama, diginakan pada layer diffuse.
 

contoh dari setting displacement. perlu dicatat bahwa satuan yang digunakan adalah inchi . 1 berati 1 inchi.

Nilai Displacement 0.1


nilai displacement 0.5


nilai displacement 1.0


Bonus : pengaplikasian Override Material
jika anda ingin material tidak terkena effek ketika Override material (untuk render abu-abu). yang harus dilakukan adalah unchek "effected by Ovveride material" pada tab Option.




sekian tutorial ini ..semoga bermanfaat.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Customization

View more

Tips and Tricks

View more

Featured Documents

Tutorials

View more

Image Documents

View more

Latest News

Statistik

Daftar Blog Saya

Follow us on facebook

Mengenai Saya

Foto Saya
awali bacaanmu dengan Bismillah, agar dipermudah caramu

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

About

Site Links

Join the Team

Halaman

Halaman

Legal Documents

View more

Getting Started

View more